[Studio Only] KULIAH ARSITEKTUR INTERIOR UI #TERM2 [TENTANG ARSIN UI]


Halohalo!
Apa kabar kalian? Mudah-mudahan baik-baik aja ya!

Nah, tahun lalu gue udah buat TARSIN term.1, di situ mostly gue cuman cerita tentang matkul apa aja bakal dipelajari di semester itu dan ga menceritakan pengalaman gue sama sekali (ada sih, dikit doang tapi) ketika belajarnya. Nah kali ini gue bakal cerita dikit dan bakal ngasih tips-tips untuk semester ini berdasarkan kesalahan-kesalahan yang telah gue lakukan selama semester 2 huahahahaha. 

Oke, di postingan sebelumnya gue masih agak bingung sama perbedaan Arstektur (Ars) dan Arsitektur Interior(Arsin). FYI, sekarang gue udah semester 4 dan udah ngerasain bedanya apa. Gue kasih tau yaa, gue kasih tau nih! Sepengalaman gue menjalani studio bersama Arsitektur selama 4 semester, satu yang gue paham apa perbedaan jurusan Arsin dan Ars yaitu Ars progressnya lebih cepet. Dan setau gue, yang dipelajarin Arsin emang lebih mendetail daripada Ars (dan gue kecolongan dengan berpikir bahwa arsin jauh lebih mudah daripada ars) karena memang berfokus ke bagaimana orang hadir di dalam suatu ruang, jadi interiority-nya emang lebih di-push di sini. CMIIW yak hehehe. 

Oiya, di postingan ini juga gue ga bakal ngebahas matkul lain dan hanya fokus ke matkul studio aja. Dan pastinya ga semua materi gue bahas di sini yaa. 


Desain Dasar 2 (STUDIO) (7 sks)

Seperti yang sudah gue jelaskan di postingan sebelumnya, ini mata kuliah wajib arsitektur dan mata kuliah yang paling bikin mati mahasiswa. Kenapa gue bilang paling bikin mati, pertama SKS studio itu beda sama matkul lain. Studio ini spesial. Kalau matkul lain misalnya per-sks-nya dihitungnya per 50 menit, maka studio ini dihitungnya 2x lipat :) . Jadi kalau normalnya 7 sks adalah 350 menit perminggu, maka studio adalah 700 menit perminggu alias 11 jam. :) Dan masih ada waktu wajib belajar mandiri di rumah :) 
WKWK, udahan ngomongin sksnya, sekarang gue mau ngomongin apa ajasih yang dipelajari di DD2 ini? Untuk garis besarnya, di semester ini mempelajari dasar-dasar menggambar gambar kerja, orthografis, aksonometri, dan perspektif.  Basically, studio memiliki 2 projek per semesternya, nah di sini bakal gue bagi jadi 2 waktu yaitu pra UTS dan setelah UTS.

  1. Pra UTS. Di masa Pra-UTS ini (di tahun gue) mahasiswa bakal dikasih tugas menggambar Gazebo yang ada di FT. Jadi awalnya mahasiswa bakal disuruh analisis dulu;
    -si gazebo ini dipake buat apa aja,
    -waktunya berapa lama, dan
    -posture orang makenya itu gimana dan semuanya di catat di logbook masing-masing.

    Setelah itu barulah ke tugas selanjutnya yaitu mulai gambar DPT (Denah, Potongan, Tampak), Aksonometri dan Perspektif.  - Di waktu ini adalah waktu di mana gue nangis-nangis gara-gara ga ngerti gimana cara gambar perspektif-. Nah per-gazebo-an ini sebenernya latihan untuk ke tugas (projek) selanjutnya yaitu Memotong FT. Iyap, Fakultas Teknik dipotong lalu digambar. Asik sekali bukan? wkwkw ngok. Tapi tenang bro, ga semuanya kok yang dipotong. Dan menurut gue ini projek enak sih soalnya kerjanya perkelompok jadi ngukurnya bareng, gambarnya bareng, terus nanti pas udah mau final presentation (ini pameran ya) begadangnya juga ramean seangkatan (dulu angkatan gue juga gini soalnya) seruw banget unch. 

  2. Setelah UTS. Nah di sini mahasiswa sudah mulai belajar mendesain.  Projek ini cukup asik sih, menurut gue walaupun cukup bikin nangis juga karna revisi design berkali-kali. Jadi, di projek ini kita mahasiswa disuruh buat model 1:1 di mana model ini bisa dimasukin oleh manusia (kita sendiri), dan orang itu bergergerak sesuai gerakan yang kita inginkan di model itu. Dalam projek ini kita bener-bener harus manfaatin semua sense kita sehingga model ini bisa berfungsi. Nah pusing gak tuh!

    Nah kita ga langsung plek-plekan "okeh kalian bikin designnya, ya", melainkan latihan dulu dengan cara bekerja secara kelompok bikin model 1:1, dan gerakannya tuh kita milih sendiri. Kalo dulu gue pake "tokoh" gitu, apapun mau itu super hero, tokoh kartun, bahkan hantu pun bisa, soalnya dulu temen gue ada yang pake gerakan Suster Ngesot. HAHAHA.

    Setelah latihan itu baru deh mulai buat desainnya. Prosesnya juga ga lumayan panjang sih soalnya model yang kita buat ini bukan hanya sekedar model kecil tapi juga harus berdiri dan kuat, jadi material dan segala macemnya harus dipikirin baik-baik. Dan yang paling penting adalah kita ga boleh pake tukang, jadi semuanya harus dikerjakan sendiri.

    Prosesnya kurang lebih begini:
    - Masing-masing kelompok disuruh nonton film yang berbeda-beda (udah ditentuin). Gue dapetnya Charlie and The Chocolate Factory dan gue eneg bangeet demi apapun tontonin oompa loompa joget!!!!11!
    - Masing-masing orang milih gerakan yang dirasa menarik (ini sepaket sama sense yang dirasain juga, misal gerakannya sambil jalan di rumput, nah indra peraba berarti berperan dong di sini, itu boleh dihadirkan)
    - Gerakan itu dikembangin lagi. Jadi kita bikin gerakan sendiri yang terinspirasi dari gerakan di film
    - Analisis gerakannya, analisis sedalam mungkin
    - Bikin story board gerakannya
    - Bikin model kecilnya
    - Bikin model gedenya.

    Dan model gue seperti ini :
Model 1:50





Model Akhir 1:1




Kira-kira cara kerja modelnya begini
(Maafin komuk gue yang jele bat)





Iya, emang jelek skali modelku ini wkwkw, dan FYI ini model yang lumayan kecil jika dibandingin sama punya temen-temen. Ga sebagus temen-temen juga karena aku miskin gais! Wkwkwk gada duit untuk menciptakan model mewah yang "WAH ASIK BAGUS BANGET"

tapi walaupun begitu aku sangat bangga dong. 

Dan saran gue untuk menjalani DD2 ini adalah 
1. Jangan males masuk! Karena kalo ga masuk sekali aja materinya bakal banyak banget yang ketinggalan. 
2. Jangan pernah takut buat fasilan atau tanya-tanya. Banyakin aja studi banding ke bilik sebelah atau ke temen-temen lu yang pinter dan analisisnya dalem serta modelnya cakep-cakep. wkwkwk. 
3. Think out of the box! karena pada dasarnya kita tuh emang harus kerja dengan kreativitas, terutama saat projek 2 ini. Lu bisa gunain apa aja untuk desain lu, dan uang sebernya bukan suatu penghambat kreativitas lu. hehe. 
4. Sering-seringin eksplorasi material. Ini penting buat membangun model gede lu nanti. Selain penggunaannya cocok, kalo lu pinter nyari bahannya juga bisa ngepress budget banget loh yuhu. 
5. Ini paling penting sih buat DD2, yaitu kepekaan. Kepekaan tentang apapun itu; ruang gerak kek, jarak, indra peraba perasa penciuman penglihatan, semuanya harus bisa lu rasain dan lu bayangin pengalamannya. 
6. Ini juga aspek penting, yaitu presentasi dengan percaya diri. Hantam aja semua pertanyaan yang dikasih, tapi jangan nyolot! Kalo ada hambatan saat prosesnya pun ga usah lu kasih tau kalo seandainya ga ditanya.  Soalnya kemaren pas gue presentasi malah jadi sesi curhat perihal ga dapet material, dan kata reviewer "lain kali jangan dikasih tau, ya" wkwkwk.

hehe. 

Segini aja kali yaa, semoga bermanfaat buat lu semua yang baca ini.  Kalo mau twtw atau tanya-tanya tentang apapun boleh banget approach gue lewat komentar atau sosmed gue ya!

Comments

  1. ka vad, kalo ambil jurusan ars kira" perbulan bisa keluar brp duit ya ? :"

    ReplyDelete
  2. Bismillahirahmanirahim, Arsitektur Interior UI 2022, aamiin

    ReplyDelete
  3. update terus tentang studio per semester yaa kak!!

    ReplyDelete
  4. bagaimana prospek kerja jurusan arsitek ini

    ReplyDelete
  5. What is the emperor casino? | Legalbet.co.kr
    How to bet on emperor casino? — The emperor is a casino, also known 바카라사이트 as the Casino Queen or the King of Spades. In order to 카지노 place bets, a 제왕카지노 player must

    ReplyDelete

Post a Comment